Irmapotter's Blog











{January 12, 2010}   Pemrograman Pada Visual Basic

Download

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang

Bahasa basic adalah bahasa yang mudah dimengerti  sehigga penrograman didalam visual basic  dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru yang baru saja belajar membut program. Hal ini semakin mudah setelah hadir MicrosoftVisual basic, yang dibangun dari ide untuk membuat  bahasa sederhana dan mudah dalam pembuatan  scriptnya(simple scripting Language)  untuk graphic user unterfaee yang dikembangkan dalam sistem operasi  Mcrosoft Windows

1.2.      Rumusan Masalah

Makalah ini merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut :

1.         Apakah pengertian singkat tentang Visual Basic?

2.         Bagaimana cara emulai Visual Basic?

3.         Apakah komponen-komponen dari Visual Basic?

4.         Apakah karateristik utama dari komponen-komponen Visual Basic?

5.         Bagaimana cara menuliskan program?

6. Apakah  yang Visual Component Library?

7. Apakah yang dimaksud denganVariabel, Tipe Data dan Operator?

1.3.      Ruang Lingkup

Dalam makalah ini, penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada materi kuliah Pemrograman Terstrutur. Pembahasan lebih dikhususkan pada pengertian dan cara membuat program visual basic Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus pada masalah yang akan dibahas serta dapat memberikan gambaran umum tentang isi makalah sehingga pembaca lebih mudah mempelajarinya

1.4.      Maksud dan Tujuan

Maksud dari penyusunan tugas ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi salah satu tugas mata kuliah Etika Profesi di Bina Sarana Informatika. Sedangkan tujuan dari penulisan tugas ini adalah:

Mengembangkan kreativitas dan wawasan penulis.

Memberikan uraian tentang penerapan dan pelanggaran kode etik profesi secara  lebih terperinci.

1.5.      Metode Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas ini, penulis menggunakan Metode Browsing Internet, yaitu metode yang dilakukan dengan browsing atau membaca atau mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam tugas ini di internet.

1.6.      Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan makalah ini, yaitu:

BAB I        PENDAHULUAN

Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang latar belakang penulisan, rumusan masalah, ruang lingkup, maksud dan tujuan serta metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menyusun tugas ini. Selain itu, penulis juga menguraikan mengenai sistematika penulisan.

BAB II       PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis menguraikan tentang gambaran umum yaitu meliputi pengertian Pemrograman visual Basiccara pembuatan project dan program.,

BAB III      PENUTUP

Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang kesimpulan-kesimpulan dari masalah yang dibahas serta saran-saran yang penulis ajukan guna perbaikan selanjutnya.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Visual Basic

Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project. Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS.

2.1.1.   Keuntungan Menggunakan Visual Basic

Mendukung pembentukan program aplikasi berbasis windows (jendela – jendela)  dengan menu yang menarik dan professional.- Jendela yang dihasilkan dapat dipindah-pindahkan ( Moveable ) dan diperbesar atau diperkecil ( Resizeable ) – Microsoft Visual Basic secara otomatis dapat mengenal dan memanfaatkan mouse

2.1.2    Istilah-istilah Visual Basic

Berikut adalah istilah-istilah dalam Visual Basic

1.         Event-Driven, artinya setiap aplikasi yang ada digerakan oleh user

2.         GUI ( Grafical Unit Interface ) adalah pemrograman yang menggunakan tampilan grafik sebagai alat komunikasi dengan pemakainya

3.         DAO ( Data access Object ) dukungan untuk memudahkan akses terhadap database lain

4.         OLE ( Object Linking dan Embedding ) kemudahan menghubungkan beberapa aplikasi dalam Windows

5.         Active X aplikasi yang digunakan oleh pengguna internet

6.         OCX dukungan untuk menggunakan tolls tambahan

7.         DLL ( Dynamic Link Library ) adalah kumpulan library untuk menggabungkan program dalam microsoft Visual Basic dengan bahasa pemrograman lainnya

8.         DDE ( Dynamic Data Exchange ) Dukungan kemudahan pertukaran dalam membangun program

2.1.3    Jenis-jenis Aplikasi yang dapat dibuat oleh Visual Basic

Dengan Visual Basic 6 (VB6) kita bisa membangun database dengan mudah dan bisa membangun multi project secara simultan, bahkan membangun aplikasi database client server performa tinggi yang mampu :

1.  mengakses Microsoft SQL-Server

2.  mendukung Remote Automation dan DCOM

3.  memakai visual Query dan rancangan koneksi jaringan

4.  mendukung transact SQL debug serta Remote Data Objek 2.0

2.1.4 Pembuatan dan pengembangan Visual Basic

Pembuatan dan Pengembangan Visual Basic dapat dilakukan dengan cara:

1. Design : Modus Desain ( g ) merupakan modus yang digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi yaitu merancang tampilan form dan menuliskan rutin program.

2. Procedure : prosedur bisa berupa kelompok kode perhitungan atau     pengolahan teks atau operasi database tertentu atau kelompok lainnya.

3.   Procedure view dan tombol full modul view memudahkan pilihan untuk

keseluruhan penampilan atau hanya procedure terpilih saja.

4.   Drag dan drop diantara window code dan window watch

5.   Instant watch dalam mode debug bisa tampil sebagai tooltip.

6.   Convert to runtime version : Modus Run-Time (8) merupakan modus saat aplikasi mengambil alih pengontrolan program dengan cara Visual Basic menjalankan program yang telah didesain.

2.2. Memulai Visual Basic

Untuk memulai pemrograman dengan Visual BASIC, jalankan program Microsoft Visual BASIC 6.0. Selanjutnya pada tampilan awal akan ditampilkan kotak dialog New Project seperti pada gambar di bawah ini

Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 buah tab yang terdiri dari:

1. New (menampilkan daftar pilihan untuk membuat project baru)

2. Existing (untuk browsing dan membuka project)

3. Recent (untuk membuka project yang sering digunakan).

Untuk pembuatan program pertama kali pilih tab New, pilih Standard EXE lalu klik Open. Selanjutnya muncul tampilan utama Visual BASIC 6.0 seperti pada gambar di bawah ini:

2.3       Komponen – Komponen Visual Basic

Berikut ini adalah komponen-komponen dalam Visual Basic :

1.         Menu Bar

Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat

digunakan saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit,

View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help

2.         Toolbar

Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering

dipakai secara cepat.

3.         Toolbox

Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk

mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat.

4          Project Explorer

Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang

aktif.

5          Property Window

Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang  diaktifkan. Property merupakan karakteristik dari sebuah objek

6.         Form Designer

Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat.

7.         Code Window

Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program

2.4.      Karakteristik utama pada komponen  Visual Basic

Pada pemrograman Visual BASIC, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam Visual BASIC memiliki 3 karakteristik utama yaitu:

1.         Properti

Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri /karakteristik suatu objek. Misalnya BackColor menunjukkan warna latar belakang, Font menunjukkan jenis dan ukuran font yang digunakan, dan sebagainya. Pengaturan properti suatu objek dapat diatur dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan mengatur komponen melalui Property Window. Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada Code Window dengan urutan penulisan sebagai berikut:

<Nama_Objek> . <Property> = <Nilai/Value>

Contoh :

Untuk mengatur judul/caption form1 menjadi “Program Pertama” dapat dilakukan dengan memberi kode program: Form1.Caption=”Program Pertama”

2.         Event

Menunjukkan kejadian yang terjadi pada sebuah objek. Misalnya kejadian ketika command1 diklik (event Command1_Click), kejadian ketika form loading pertama kali (event Form_Load), dan sebagainya.

Contoh :

Private Sub Form_Load()

Form1.Caption = ”Program Pertama”

End Sub

Keterangan : Program akan mengubah caption dari form1 menjadi Program

Pertama ketika form pertama kali ditampilkan (Form_Load).

3.         Metode (Method)

Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan di mana objek dapat di bentuk.

Contoh :

Form1.Cls

Keterangan : Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.

Program I

Mendesain Form

Setelah tampilan utama Visual BASIC 6.0 muncul pada layar monitor, Ubah

properti form1 melalui Property Window, dengan urutan sebagai berikut

Property Nilai
(Name) FrmPertama
Caption Program Pertama
Height 3000
Width 4000

Untuk menjalankan program klik menu Run  Start atau menekan tombol F5. Program dapat dihentikan dengan menutup Form menggunakan tombol close

pada pojok kanan atas form atau dengan mengklik tombol Stop pada Toolbar

:    Run untuk menjalankan program

:      Break untuk menghentikan program sementara

:      Stop untuk menghentikan program

2.5       Menuliskan Program

Untuk menuliskan program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Code Window melalui menu View  Code. Pada jendela kode terdapat dua buah pilihan. Pilihan sebelah kiri digunakan untuk menentukan objek yang akan diberikan event, sedangkan pilihan sebelah kanan digunakan untuk menentukan jenis event yang diberikan kepada objek.

Berikut adalah contoh program

1.         Lsting   Program I

Private Sub Form_Load()

frmpertama.BackColor = vbBlue

End Sub

Private Sub Form_Click()

frmpertama.Caption = “Form di klik”

End Sub

Jalankan program kembali, dan klik pada form, lihat perubahan yang terjadi pada

form.

Simpan project dan form

2.6       Visual Component Library

Pada pemrograman visual, pemrograman dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen yang tersedia pada toolbox. Komponen yang termasuk dalam toolbox standard windows antara lain:

1.         Label

Digunakan untuk menambahkan teks pada saat perancangan form. Berikut ini adalah gambar  komponen label :

2.         Text box

Digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan input data dari user (pengguna) dengan mengetikkan teks atau angka pada text box. Berikut ini adalah gambar komponen Text box :

3.         Command Button

Digunakan untuk menambahkan tombol pada perancangan form. Berikut ini adalah gambar Command Button :

4.         Check Box

Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User dapat memilih satu, beberapa atau mungkin semua item yang tersedia. Berikut ini adalah gambar Check Box :

5.         Option Button

Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item ,yang tersedia. User hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang tersedia. Berikut ini adalah gambar Option Button :

6.         Combo Box

Digunakan untuk menampilkan pilihan item-item. Untuk memilih item user dapat mengetikkan pilihan atau memilih dari daftar yang tersedia. Brikut ini adalah gambar Combo Box :

7.         List Box

Digunakan untuk menampilkan daftar pilihan bagi user. User dapat memilih satu pilihan dari daftar pilihan yang tersedia. Berikut ini adalah gambar List Box :

2.         Program II

Jalankan program Visual Basic, pada form yang tersedia, tambahkan

komponen, atur propertinya sehinggadidapat tampilan.

Pengaturan Properti :

Komponen Properti Nilai
Form1 (Name)

Caption

StartupPosition

Frmpribadi

Data Pribadi

2-Center Screen

Label1 Caption Nama
Label2 Caption Usia
Label3 Caption Jenis Kelamin
Label4 (Name)

Caption

Lblhasil

(kosongkan

Textbox1 (Name)

Text

txtnama

(kosongkan

Textbox2 (Name)

Tex

txtusia

(kosongkan)

Combobox1 (Name)

List

Text

cmbjenis

Pria

Wanita

Pria

CommandButton1 (Name)

Caption

Cmdproses

&Proses

CommandButton2 (Name)

Caption

Cmdkeluar

&Keluar

Listing Program II

Private Sub cmdkeluar_Click()

Unload Me

End Sub

Private Sub cmdproses_Click()

lblhasil.Caption = “Nama anda ” + txtnama.Text + “, usia ” +

txtusia.Text + ” tahun, jenis kelamin ” + cmbjenis.Text End Sub

Simpan project dan form, lalu jalankan program. Isikan nama, usia dan pilih jenis kelamin, kemudian klik tombol proses. Lihat perubahan yang terjadi

2.7 Variabel, Tipe Data dan Operator

2.7.1    Variabel

Variabel adalah nama atau simbol yang digunakan untuk mewakili suatu nilai. Suatu variabel mempunyai nama dan menyimpan tipe data yang merupakan jenis data variabel.

Aturan penamaan variabel adalah sebagai berikut:

1.         Harus dimulai dengan sebuah huruf

2.         Tidak lebih dari 255 karakter

3.         Tidak boleh sama dengan nama statement, fungsi, metode, objek, dan

sebagainya yang merupakan bahasa dari Visual BASIC.

4.         Tidak boleh ada spasi, tanda titik(.), tanda seru(!), atau karakter @, &, $, dan #. Deklarasi variabel dapat dituliskan dengan urutan sebagai berikut:

Public <nama_variabel> As <Tipe_Data>

Atau

Dim <nama_variabel> As <Tipe_Data>

Contoh :

Public Angka1 As Integer

Dim Nama As String

2.7.2    Tipe Data

Tipe data adalah jenis data yang disimpan dalam variabel. Tipe data untuk Visual Basic adalah sebagai berikut:

1.       Tipe Data Numerik: digunakan untuk menyimpan data numerik, terdiridari:

Tipe Data Ukuran Range
Byte 1 byte 0 sampai 255
Integer 2 byte -32.768 sampai 32.767
Long 4 byte -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647
Single 4 byte -3,402823E38 sampai -1,401298E-45;

1,401298E-45 sampai 3,402823E38

Double 8 byte -1.79769313486232E308sampai    4,94065645841247E324;4,94065645841247E-324 sampai 1.79769313486232E308
Currency 8 byte -922.337.203.685.477,5808 sampai 922.337.203.685.477,5807

2..        Tipe Data String :

Digunakan untuk menyimpan data berbentuk karakter. Panjang maksimal karakter yang dapat disimpan adalah 65.400 karakter. Penulisan data dengan tipe ini diawali dan diakhiri dengan tanda petik dua (“).

Contoh:

Dim Nama As String

Nama = “Habib Maulan”

3.         Tipe Data Logika (Boolean) : melakukan pengetesan logika. Data dengan tipe data ini hanya dapat bernilai benar(True) atau salah(False).

Contoh:

Dim Baru As Boolean

Baru = True

4.         . Konstanta

Konstanta adalah suatu nilai konstan yang tidak berubah. Seperti halnya variabel, konstanta dapat diberi nama dimana aturan penamaannya sama dengan variabel.

5.         Operator

1.         Operator Pemberi Nilai

Deklarasi pemberian nilai pada Visual BASIC = Bahasa BASIC yaitu menggunakan operator sama dengan ( = ). Contoh :a = 24 nama = “Yudha Noviandi”

  1. Operator Arimatika
Operator Operasi
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
\ Pembagian dengan hasil bilangan bulat
Mod Sisa Pembagian (Modulus

3. Operator Boolean

Operator Operasi
Not Negasi
And Logika and
Or Logika or
Xor Logika xor

4. Operator Pembanding

Operator Operasi
= Sama dengan
<> Tidak sama dengan
< Kurang dari
> Lebih dari
<= Kurang dari atau sama dengan
>= Lebih dari atau sama dengan

5. Derajat Operatot

Operator Derajat
Not Tertinggi
* / \ mod and
+ – or xor
= <> <= >= Terendah

3.         Contoh Program Aritmatika Sederhana dengan Visual Basic

Pengaturan Property

Komponen Properti Nilai
Form1 (Name)

Caption

StartupPosition

Frmaritmatika

Program Aritmatika

2-Center Screen

Label1 Caption Bilangan1
Label2 Caption Bilangan2
Label3 Caption Hasil
Textbox1 (Name)

Text

Txtbil1

(kosongkan)

Textbox2 (Name)

Text

Txtbil2

(kosongkan

Textbox3 (Name)

Text

Txthasil

(kosongkan

CommandButton1 (Name)

Caption

Cmdtambah

Tambah

CommandButton2 (Name)

Caption

Cmdkurang

Kurang

CommandButton3 (Name)

Caption

Cmdkali

Kali

CommandButton4 Cmdkeluar

Keluar

Cmdbagi

Bagi

CommandButton5 Cmdkeluar

Keluar

Cmdkeluar

Keluar

Berikut adalah contoh program  pada  Aritmatika Sederhana

Private Sub cmdbagi_Click()

Dim bil1, bil2, hasil As Double

bil1 = Val(txtbil1.Text)

bil2 = Val(txtbil2.Text)

hasil = bil1 / bil2

txthasil.Text = hasil

End Sub

Private Sub cmdkali_Click()

Dim bil1, bil2, hasil As Integer

bil1 = Val(txtbil1.Text)

bil2 = Val(txtbil2.Text)

hasil = bil1 * bil2

txthasil.Text = hasil

End Sub

Private Sub cmdkeluar_Click()

Unload Me

End Sub

Private Sub cmdkurang_Click()

Dim bil1, bil2, hasil As Integer

bil1 = Val(txtbil1.Text)

bil2 = Val(txtbil2.Text)

hasil = bil1 – bil2

txthasil.Text = hasil

End Sub

Private Sub cmdtambah_Click()

Dim bil1, bil2, hasil As Integer

bil1 = Val(txtbil1.Text)

bil2 = Val(txtbil2.Text)

hasil = bil1 + bil2

txthasil.Text = hasil

End Sub

Simpan Project dan Form, jalankan program dan coba lakukan perhitungan.

BAB III

PENUTUP

3.1        Kesimpulan

visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan pengguna  ntuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi               Pemrograman Visual Basic adalah suatu pemrograman visual,  imana pembuatan program dilakukan menggunakan media visual atau sering disebut dengan user-interface. Yang artinya bahwa pembuatan program  erdasarkan tampilan yang dihasilkan program, dengan kode-kode program (Script) diletakkan masing-masing komponen.

3..2       Saran

1.         Agar kita dapat dengan mudah mempelajari Pemrograman visual Basic sebaik-baiknya

2.         Memperbanyak pemahaman tentang pemrograman Visual basic

3.         Mengaplikasikan keahlian sebagai tambahan ilmu dalam praktek pendidikan yang di jalani.

4.         Pembahasan makalah ini menjadikan individu  tahu akan pentingnya belajar tentang pemrograman Visual Basic

About these ads


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: